Minggu, 31 Januari 2016

Mau baca komik?mending baca komik buatan Indonesia aja

Mau baca komik?mending baca komik buatan Indonesia aja


mice-cartoon-thumb-2
Jaman modern ini masyarakat Indonesia dapat melakukan berbagai hal dengan lebih mudah, salah satunya ialah menyebarkan karya komik ke banyak pembaca secara online tanpa perlu mencetaknya satu per satu. Pengguna pun juga mulai bisa membaca komik karya anak bangsa secara gratis di internet sebagai salah satu alternatif hiburan.
Apabila Anda mencari alternatif hiburan lain selain Naruto dan One Piece, Anda bisa mencoba mulai membaca karya komik online buatan Indonesia. Berikut ialah 10 komik strip buatan Indonesia yang juga bisa jadi teman Anda di kala senggang.

(Baca juga: 4 startup ini beri wadah untuk perkembangan industri komik indonesia)

1. Kartun Ngampus – Kebahagiaan Mahasiswa

kartun-ngampus-kebahagiaan-mahasiswa-komik
Bagi Anda yang ingin bernostalgia mengingat masa-masa kuliah, komik ini sangat cocok untuk Anda baca. Kartun Ngampus memiliki berbagai karakter lucu seperti dosen killer, ibu kost, dan mahasiswa. Mereka menceritakan kembali kehidupan tipikal mahasiswa Indonesia seperti saat menitip absen kepada teman, mengerjakan skripsi, hingga pacaran.
Selain komik strip, tim Kartun Ngampus juga menjual baju serta memiliki game gratis NgampusAja untuk PC. Anda juga bisa membuat cerita komik NgampusAja versi Anda sendiri menggunakan template yang tersedia.


2. Si Juki

si-juki-komik-online
Sebagai karakter anti mainstream Indonesia, Si Juki telah menerbitkan berbagai jilid komik offline dan online di Indonesia. Karakter utama Juki menceritakan berbagai sudut pandang yang tidak umumnya diikuti banyak orang, seperti mendemo menurunkan gaji DPR saat orang lain berdemo menurunkan harga BBM.
Salah satu produk paling menarik Si Juki ialah komik online interaktifnya di Facebook. Pembaca dapat ikut menentukan cerita kelanjutan sang komik dengan memberikan like, komentar, atau membagikan isi komik itu di Facebook. Setiap lembar komik interaktif itu berhasil mendapatkan ribuan respon pembaca. Si Juki juga menjual baju, buku komik, serta memiliki blog dan game sendiri.


3. KOSTUM (komik strip untuk umum)

kostum-komik-online
Di antara semua komik di sini, bisa dibilang bahwa Kostum merupakan komik yang paling kritis dan serius (dalam sajian yang tetap menghibur). Kostum seringkali membahas dan memberikan sindiran terkait masalah yang sedang hangat di Indonesia seperti kasus perkara penjualan iPad tanpa buku manual bahasa Indonesia, para kaum Muslim yang tidak bisa mengendalikan amarahnya di masa Ramadhan, hingga bullying di sekolah.


4. Si Blank

si-blank-komik-polisi
Walau Si Blank tidak menyediakan banyak komik online gratis seperti komikus lainnya di media sosial, tapi komik yang satu ini tetap memiliki pendukung setia. Dengan tampilan muka yang kosong alias blank, tokoh utama komik ini sudah melewati berbagai intrik kehidupan mulai dari jomblo hingga ditilang polisi.
Si Blank juga sudah menerbitkan buku komiknya di toko buku Indonesia.


5. Masdimboy

masdimboy-komik-2
Masdimboy secara teratur meluncurkan satu strip komik tiap harinya. Isi-isi komiknya menceritakan tentang kelucuan hal-hal yang terjadi setiap hari di kehidupan sang karakter utama yakni sang Masdimboy itu sendiri.


6. The Real Suara Rumput Liar

the-real-suara-domba-komik
The Real Suara Rumput Liar menceritakan tentang empat domba dengan nama yang agak barat: Albert, John, George, dan Jack. Komiknya kadang menceritakan kehidupan mereka berempat sebagai domba di kota metropolitan Jakarta, dan kadang membahas topik hangat di Indonesia seperti puasa, “Malingda Dee” (tampaknya versi domba dari Melinda Dee), dan kisruh Indonesia-Malaysia.


7. Tuti and Friends

tuti-and-friends-komik
Mengangkat tema “generasi unyu Indonesia”, Tuti and Friends memiliki tokoh utama Tuti yang benar tampil sangat lucu dan unyu, berhubung ia cadel atau melafalkan huruf “r” sebagai “l”. Selain Tuti yang selalu membawa sikat gigi bersamanya, ada juga tujuh karakter anak kecil imut lainnya seperti Kunti yang merupakan hantu dan Asri yang berasal dari Ambon.
Tuti and Friends menjual berbagai merchandise seperti bantal, boneka, dan baju. Mereka juga memiliki mini game-nya sendiri.


8. Komik Kampus Holic 

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEitD06ESkP8_fJ4MQkxOCszjt77DZWlgPgCVfkneMahh5Gfe8LxbukZRHjcPcXd2YnvnGX4n62kNNjn0FmRdFOEAfg9JMzBFvCskfvriPCuhawdFkubdp6bN3vuUA6G_5ymTYqdSXfzQwVG/s1600/%23234+Cari+Kos.jpg
sumber: https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEitD06ESkP8_fJ4MQkxOCszjt77DZWlgPgCVfkneMahh5Gfe8LxbukZRHjcPcXd2YnvnGX4n62kNNjn0FmRdFOEAfg9JMzBFvCskfvriPCuhawdFkubdp6bN3vuUA6G_5ymTYqdSXfzQwVG/s1600/%23234+Cari+Kos.jpg
Ini dia salah satu komik karya anak bangsa lainnya yang menceritakan kelucuan hidup para mahasiswa tanah air. Kampus Holic rajin meluncurkan komik baru tiap harinya dan juga tidak kalah rajin meluncurkan quote mahasiswa bijaksana seperti “Tutup browsermu, kerjakan skripsimu”. Mereka menjual t-shirt Kampus Holic dan baru-baru ini meluncurkan buku mereka.


9. AlisNaik

warhat-abbas-alisnaik
Berbeda dengan komikus lainnya di daftar ini, AlisNaik memiliki banyak judul komik yang mengusung tema yang berbeda-beda. Ada komik berjudul AlisNaik yang karakter utamanya ialah seorang pemuda berwarna biru bernama AlisNaik yang tinggal di desa Alis bersama kakeknya Mbah Alis. Ada juga komik strip lainnya seperti Islam Hari Ini (buku komiknya sudah diterbitkan) dan Warhat Ampas yang memiliki tema ceritanya sendiri.


10. Loading TCS

loading-tcs-komik
Jika Anda ingin mencari komik yang membahas kegiatan teknologi di Indonesia seperti aplikasi chatting BBM atau Facebook, maka Loading TCS bisa dijadikan salah satu pilihan bacaan. Selain membahas kegiatan rutin harian, Loading TCS juga kerap mengambil tema dunia IT, media sosial, dan gadget.


11. Bonus – Mice Cartoon

mice-cartoon-komik
Komik strip ciptaan Mice bisa dibilang merupakan salah satu karya komik lokal yang paling populer di Indonesia dengan banyak edisinya yang sudah terbit di toko buku. Pertama kali muncul di tahun 2003 di koran Kompas, komik yang awalnya dikenal sebagai Benny & Mice ini akhirnya berubah menjadi Mice Cartoon yang ada saat ini. Sudah banyak sekali topik dan tema yang dibawakan oleh komik Mice Cartoon, mulai dari kehidupan di Jakarta hingga bepergian ke negara Singapura. 

sumber: https://id.techinasia.com/baca-komik-strip-online-gratis-indonesia/

Arsip Blog

Diberdayakan oleh Blogger.

Recent Post

About Author

Naveed Iqbal

Naveed is freelance web designer. He loves to play with javaScript and other programming codes.