Rabu, 17 Februari 2016

India Blokir Internet free, Petinggi Fb Kaitkan bersama Kolonialisme

India Blokir Internet free, Petinggi Fb Kaitkan bersama Kolonialisme


 http://i2.wp.com/telset.id/wp-content/uploads/2016/02/Facebook-Free-Basic-demo2.jpg?resize=640%2C359
KOMPAS.com – Marc Andreessen, anggota dewan direksi Facebook, ikut berkomentar soal pemblokiran program internet free Facebok “Free Basics” oleh regulator di India. Komentar tersebut diutarakan melalui akun Twitter pribadiya, @pmarca.
Berkomentar kepada sebuah kebijakan tentunya merupakan hak bagi semua orang. Disayangkan, komentar yang diutarakan oleh Andreessen malah mengundang kemarahan dari masyarakat India.
Dalam komentar pertamanya, sebagaimana KompasTekno rangkum dari Mashable, Kamis (11/2/2016), Andreessen menyatakan bahwa pemblokiran internet gratis tersebut tidaklah serasi secara moral.
“Menolak konektivitas internet free waktu hari ini mereka tidak memilikinya, buat alasan ideologis, menurut saya salah secara moral,” kicau Andreessen.
Ia, yang pula merupakan salah satu investor ternama di Silicon Valley, tampaknya serta-merta menyadari kesalahan dalam tweet tersebut. Andreessen pun langsung menghapusnya.https://img.okezone.com/content/2016/02/08/207/1307348/india-blokir-layanan-facebook-free-basic-0qYZEPEg95.jpg
Disayangkan, kicauan tersebut sudah kadung tersebar di Twitter, mengundang bermacam komentar dari netizen. Parahnya, Andeerssen malah membalas komentar yang hasilnya makin memperkeruh suasana.
Beliau membandingkan Free Basics dengan paham kolonialisme, menyebut India sanggup saja menuju kehancuran ekonomi seandainya menolak acara internet free dari Fb.
“Anti-kolonialisme sudah jadi bencana dengan cara ekonomi bagi masyarakat India sewaktu sekian banyak dekade. Mengapa berakhir waktu ini?,” ujarnya.
Komentar tersebut makin tidak sedikit mengundang reaksi negatif. Andreessen dikatakan menyuarakan opininya yg beri dukungan paham tersebut. Fb juga ikut terkena getahnya & dianggap mensupport kolonialisme.
Tidak lama setelah kejadian ini, Andreessen hasilnya menghapus kicauan tersebut sembari mengucapkan permintaan maaf.
“Dengan ini aku mundur dari diskusi menyangkut ekonomi & politik India,” katanya.
Pada Awal Mulanya, didapati bahwa India telah melarang Free Basics. Pelarangan itu diajukan regulator telekomunikasi India atas dalih netralitas internet. Pasalnya, prosedur Gratis Basics dianggap tidak sesuai dengan prinsip netralitas tersebut.tsgbtg 

sumber:
 http://teknoindo.net/internet/india-blokir-internet-free-petinggi-fb-kaitkan-bersama-kolonialisme/
http://i2.wp.com/telset.id/wp-content/uploads/2016/02/ 
https://img.okezone.com/content/2016/02/08/207/1307348/

Arsip Blog

Diberdayakan oleh Blogger.

Recent Post

About Author

Naveed Iqbal

Naveed is freelance web designer. He loves to play with javaScript and other programming codes.